Sikapi Persoalan Pemilu, Puluhan Mahasiswa Jambi Gelar Tabur Bunga Hingga Yasinan di Gedung DPRD

0

Gelar Tabur Bunga Hingga Yasinan di Gedung DPRD Sikapi Persoalan Pemilu

Serusarolangun.com-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KBM UNJA, Stikba menggelar aksi kemanusiaan terkait meninggalnya ratusan anggota KPPS di Pemilu serentak 2019. Aksi tersebut dilakukan mereka di DPRD Provinsi Jambi, Selasa (21/5/2019).

Dilansir dari laman jamberita.com (media partner serusarolangun.com), Dalam aksi tersebut, mahasiswa menuntut pemerintah menerapkan one gate data system dalam pendataan korban pemilu demi mendapatkan data yang akurat.

Selanjutnya, mendesak pemerintah untuk membentuk tim independen guna mengevaluasi pemilu serentak 2019 dari perspektif kesehatan.

Presiden Mahasiswa Unja sekaligus koordinator lapangan Ardy Irawan mengatakan, mereka juga menuntut pemerintah dan DPR untuk melakukan evaluasi total terhadap system pemilu dan penyelenggaran pemilu agar peristiwa ini tidak terulang lagi.

“Bahwa pemilu serentak 2019 ini yang memakan ratusan jiwa perangkat pemilu, telah menjadi sebuah tragedi kemanusiaan yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Selanjutnya mereka menghimbau seluruh elemen untuk melaporkan secara hukum apabila terdapat bukti pelanggaran hukum dibalik meninggalnya petugas KPPS.

“Kami juga menyerukan kepada elit-elit politik dan seluruh masyarakat untuk menghentikan politisasi terhadap isu kematian KPPS,” terangnya.

Hampir satu jam aksi ini dan mereka meminta untuk memasuki gedung namun tidak ada satupun perwakilan anggota DPRD Provinsi Jambi yang mencoba menemui mereka. Ini dikarenakan Gedung kosong atau tidak adanya anggota DPRD di tempat.

Alhasil puluhan mahasiswa tersebut melakukan aksi lanjutan berupa tabur bunga di hadapan polisi yang sedang mengawal dan mengamankan aksi sebagai simbolis mengenang meninggalnya ratusan anggota KPPS. Selain itu, mahasiswa juga menggelar Yasinan sembari menunggu ada perwakilan dewan yang menemui mereka.

Sebelumnya, mereka telah melaksanakan aksi konvoi motor yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB dari depan kampus Unja Telanaipura, menuju gedung DPRD Provinsi Jambi.(*/gus)

Loading Facebook Comments ...