Pemilu 2019 Rawan Money Politic, Bawaslu Sarolangun Gelar Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Pemilu

0

Serusarolangun.com- Pada apel siaga yang digelar Bawaslu Sarolangun bertajuk Apel siaga dan patroli pengawasan pemilu, Senin (15/4/2019) di lapangan Laman Besamo Sarolangun, pesan dan harapan bukan saja datang dari penyelenggara Pemilu, Wabup Hillalatil Badri pun menyampaikan pesan dan harapan agar Pemilu 2019 damai dan kondusif.

Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono mengatakan, Tim Patroli pengawasan pemilu dibentuk dalam rangka pencegahan money politic dan pelanggaran kampanye pada minggu tenang, “Diharapkan tidak ada lagi partai politik peserta pemilu atau pelaksana melakukan sosialisasi atau kampanye dalam bentuk apa pun pada minggu tenang, dan tim patroli dibentuk dalam upaya pencegahan money politic”, ujar Edi Martono.

Bicara tentang daerah rawan money politic, Edi Martono menyebut beberapa daerah pemilihan yang rawan,
“Menurut pantauan kami yang sangat rawan adalah Dapil I  (Sarolangun-Bathin VIII) dan Dapil III (Pelawan-Singkut), dengan demikian kami bentuk tim patroli dan pengawasan agar hal ini bisa diawasi”, tambahnya.

Edi Martono menyebut kekuatan tim yang dibentuk Bawaslu Sarolangun dari kecamatan sampai desa berjumlah 1.064 personil yang terdiri dari 30 orang Panwaslu Kecamatan, 158 Panwaslu Desa dan 876 orang pengawas TPS yang akan nengawasi 197.503 Pemilih se Kabupaten Sarolangun.

Dalam apel siaga yang dihadiri Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri, Afrizal Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Kejari Sarolangun diwakili Kasipidum,  Polres Sarolangun, Ali Wardana Komisioner KPU Sarolangun, Camat Sarolangun, Forkompimda, dan Lembaga Pengawas Pemilu di setiap jenjang pengawasan pemilu ini, berjalan lancar dengan semangat para pengawas pemilu menuju pemilu damai dan jurdil.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Afrizal, menyampaikan sambutan ketua Bawaslu RI, Abhan. Dalam sambutannya menyebut bahwa
Pemilu patut dirayakan dengan suka cita. Lanjutnya, selama tahapan pemilu 2019 Bawaslu sudah berupaya dengan serius dan begitu juga dalam menangani setiap pelanggaran pemilu.

Begitu pun Wakil Bupati Hillalatil Badri menyebut setiap tahapan menuju pemilihan sudah berjalan aman dan damai, “Pemilu tahun ini sangat berbeda dengan periode sebelumnya, setiap tahapan sudah berjalan aman dan damai”, imbuh Wabup di sela sambutannya.

Lanjut Wabup, sebelum hari pemilihan diawali dengan tugas mengawasi masa tenang, yang merupakan fase krusial yang dapat menguji elemen bangsa terhadap praktek money politik dan pelanggaran lainnya yang kerap menimbulkan kericuhan dan kerusuhan.

“Mari bersama kita tolak politik uang demi pemilu yang bermartabat”, tambah Wabup yang mengatakan bahwa gerakan patroli pengawasan adalah gerakan etik dan moral. Wabup tak lupa mengapresiasi pengawas pemilu di setiap jenjang dalam mengkawal dan mengawasi pemilu

Secara panjang lebar Wabup berharap kepada personil pengawasan agar melakukan tugas dengan baik dan perlunya harmonisasi tugas dan wewenang masing-masing serta selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan tim agar semuanya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan sehingga pemilu damai dan berkualitas.

“Kita harus berkomitmen dalam menjaga pemilu agar pemilu kondusif dan berkualitas dengan kesigapan serta kekuatan mental, untuk menimalisir komplik dan masalah pemilu”, pungkas Wabup. (gus)

Loading Facebook Comments ...