Dinas TPHP : Kopi Batang Asai Punya Kualitas Tinggi, Harus Dikelola Dengan Skala Besar

0

SERUSAROLANGUN.COM- Dalam beberapa tahun terakhir, kopi Batang Asai kembali hadir di tengah masyarakat Kabupaten Sarolangun, bahkan sampai di pasaran, namun belum begitu merakyat.

Dari imformasi yang dihimpun, belum merakyatnya kopi Batang Asai disebabkan kendala belum adanya produksi secara kontinu, terbatasnya bentuk kemasan (packing) dan belum maksimalnya pemasaran produk.

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sarolangun H Sakwan menyebut kopi hasil pertanian masyarakat Kecamatan Batang Asai (Kopi Batang Asai.red) sangat berpotensi dan memiliki rasa bersaing dengan produk kopi lainnya, menurutnya kopi Batang Asai harus dikelola dengan skala besar.
“Kopi Batang Asai punya kualitas tinggi dan harus dikelola dengan skala besar”, ucap Kadis, Senin (8/7/2019) di ruang kerjanya.

menurut penelusuran media ini, beras kopi (kopi yang sudah dikupas) Batang Asai sudah diminati pembeli dari luar Kabupaten Sarolangun, diantaranya dari Lampung dan Sumatera Barat.

Seperti diketahui, budidaya tanaman kopi di Kecamatan Batang Asai terdapat di beberapa desa, yakni di Desa eks Marga Bathin Pengambang (Desa Tambak Ratu, Bathin Pengambang, Batu Empang, Sungai Keradak, Muara Air Dua, Simpang Narso dan Bukit Berantai) dan Desa Lubuk Bangkar yang terkenal Dengan
Kopi Bukit Tempurung dengan jenis kopi Arabica dan Robusta.

Lanjut Kadis, persoalan kopi selain rasa, juga tak terlepas dari kemasan (packing) dan marketingnya, “Persoalan kopi, selain rasa juga berkaitan dengan packingnya dan marketing yang baik, untuk itu kita akan membantu mengembangkan kopi Batang Asai hingga pemasarannya”, urai Kadis.

Dalam hal ini, Kadis menyebut pihaknya akan berupaya mengembangkan Kopi Batang Asai dengan melakukan pembinaan petani kopi, “Kita akan bersinergi dengan Dinas Perindagkop dan pihak yang mendukung dalam melakukan pembinaan petani untuk pengelolaan, panen dan pasca panen serta pemasaran yang baik”, tutup Kadis. (gus)

Loading Facebook Comments ...