Diklat Pim tingkat IV, Bupati Cek Endra Motivasi Pejabat Eselon IV Untuk Berintegritas, Dinamis dan Pro Aktif

0

Diklat Pim tingkat IV Bagi Pejabat Eselon IV Sarolangun (Foto:Agus/Serusarolangun.com)

SERU SAROLANGUN- Untuk mewujudkan Pemimpin yang berintegritas, Pemkab Sarolangun melalui Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) tingkat IV angkatan XIII, di aula Bappeda Sarolangun, Senin (25/2/2019) bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Jambi. Diklat Pim juga diharapkan mampu menciptakan pejabat untuk dapat beradaptasi dengan nilai-nilai perubahan.

Diklat pertama se Provinsi Jambi ini dibuka Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, turut hadir Wakil Bupati Hillalatil Badri, Sekda Thabroni Rozali, Asisten I Arief Ampera, BPSDM provinsi Jambi dan Kepala BKPSDM Sarolangun Waldi Bakri serta beberapa kepala OPD lainnya.

Dalam arahannya Bupati Sarolangun Cek Endra memberikan motivasi kepada peserta diklat yang berjumlah 30 orang, yang disebutnya menejer, “Saya cendrung memgatakan seorang pimpinan adalah menejer yang harus memiliki kedisiplinan, kinerja yang baik dan loyalitas yang tinggi kepada pimpinan”, ucap Cek Endra mengawali pengarahannya.

Disebutnya Diklat Pim tingkat IV merupakan syarat wajib bagi esolan IV untuk meningkatkan kompetensi dalam menduduki posisinya, namun Bupati menilai pada Pemerintahan yang dipimpinnya kedisiplinan Pejabat eselon IV paling lemah.

“Di swasta Menejer yang paling bawah, biasanya disiplinnya luar biasa baik dan memiliki loyalitas tinggi, tapi pada pegawai Pemerintah
disiplin eselon IV malah paling lemah”, ungkap jebolan Harvard University, ini.

Dalam memotivasi, berkali-kali Cek Endra menyebut tentang pentingnya integritas kepada atasan, karena menurutnya sikap ini sangat menentukan keberhasilan pejabat dalam memimpin, disamping itu Cek Endra berharap Pejabat eselon IV harus dinamis dan pro aktif.

“Integritas yang tinggi kepada atasan sangat menentukan keberhasilan pejabat tingkat bawah, raihlah keberhasilan itu, untuk sebuah keberhasilan,
Saya berharap anda dinamis dan pro aktif”, urai Cek Endra.

Lanjut Cek Endra, Seorang pimpinan tidak cukup hanya sebuah jabatan yang tinggi, namun yang tak kalah pentingnya seorang pimpinan harus berakhlak, berkarakter dan beriman.
“Jabatan yang tinggi saja tidak cukup, tapi juga harus berakhlak, berkarakter dan beriman”, terang Bupati.

Kepala BKPSDM Waldi Bakri dalam laporannya mengatakan,Diklat Pim tingkat IV ini adalah sebuah pendidikan dan pelatihan yang sifatnya wajib bagi yang memenuhi persyaratan untuk jabatan pimpinan.

” Diklat Pim tingkat IV ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pejabat eselon IV yang berperan melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansinya masing -masing”, pungkas Waldi Bakri. (gus)

Loading Facebook Comments ...