Rakor Pengawasan Pemilu Bagi Panwaslu Kecamatan-PPKD “Panwaslu Kecamatan Harus Jalankan Tugas Dengan Maksimal”

0
Foto : Mudrika, SH, MH saat memaparkan materi HPP

SERUSAROLANGUN.COM– Panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwaslu kecamatan) sebagai ujung tombak pengawasan pemilu memikul beban berat dalam pengawasan pemilu, hal ini disebabkan mereka bersentuhan langsung dengan pemilih dan  peserta pemilu hingga pada lingkungan masyarakat terkecil. Ini membuat Panwaslu kecamatan harus dibekali ilmu dan kecakapan pengawasan agar pemilu terlaksana dengan baik, aman dan damai.

Sehubungan dengan itu, Bawaslu Kabupaten Sarolangun menempa para Panwaslu kecamatan dan Pengawas pemilu kelurahan/desa (PPKD) dengan ilmu dan sistim pengawasan pemilu dalam acara rapat koordinasi  (Rakor) Pengawasan Pemilu Bagi Panwaslu kecamatan, Sekretariat dan PPKD se Kabupaten sarolangun dalam rangka Pemilu serentak tahun 2019. Acara rakor dilaksanakan selama dua hari, 20 dan 21 November 2018 di hotel King Sarolangun.

Rakor diawali paparan materi oleh Divisi HPP Mudrika, SH,  MH tentang hukum dan penindakan pelanggaran Pemilu, Mudrika langsung membuat para peserta rakor mencermati dengan hening, “Jangan sampai pengawas pemilu yang diawasi, kita harus tahu peran, kewajiban dan tanggung jawab sebagai pengawas pemilu”, ucap Mudrika tegas.

Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono, SE yang membidangi divisi Pengawasan, saat dibincangi media ini menyebutkan sasaran yang akan dicapai pada acara rakor ini adalah agar Panwaslu kecamatan dan PPKD lebih maksimal dalam menjalankan tugas, “Sasaran yang akan dicapai dari rakor ini agar Panwaslu kecamatan dan PPKD lebih maksimal dalam menjalankan tugas,  karena pengawasan di tingkat desa dan kelurahan sangat penting dan pekerjaannya sangat berat “, terang Edi martono.

Pada rakor ini juga dipaparkan materi tentang pengawasan secara internal dan penguatan kelembagaan, “Secara Organisasi kita menekankan Pengawasan secara internal  dan penguatan kelembagaan”, ucap Johan Iswadi  yang membidangi divisi Organisasi dan Sumberdaya Manusia Bawaslu Kabupaten Sarolangun. (ag)

 

Loading Facebook Comments ...