PT Samudra Agro Lestari Diduga Serobot Lahan Anggota Dewan

0
SERUSAROLANGUN.COM, Sarolangun– Dari ratusan hektar lahan perkebunan warga di Desa Mandiangin Tuo dan Gurun Tuo Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, saat ini menulai masalah. Tanaman tumbuh di dalamnya diduga telah diserobot oleh PT Samudra Agro Lestari (PT SAM), termasuk, lahan milik seorang anggota DPRD Kabupaten Sarolangun, Aang Purnama.
Kepada Seru Sarolangun, Aang Purnama yang berasal dari Dapil II, menuturkan, aktivitas pembukaan lahan oleh PT SAM sudah sangat merugikan warga. Proses land clearingnya kasar, sehingga kebun warga yang tidak masuk HGU juga ditumbang.
“Berdasar pengaduan masyarakat ke saya, sudah ratusan hektar lahan warga yang milik pribadi diserobot, dan tanam tumbuhnya dirobohkan, termasuk saya pun juga jadi korban. Kebun saya di lokasi itu juga kena,” kata Aang.
Aang mengaku, selain menjadu korban, ia juga diberi kuasa oleh masyarakat yang kebunnya di rusak oleh perusahaan. “Atas nama masyarakat, kami telah melayangkan surat kepada perusahaan meminta pertangung jawaban mereka. Dan saat ini kami masih menunggu jawabannya,” tambah Aang.
Diceritakan Aang, sebelum perusahaan PT SAM membuka perkebunan tersebut. Pernah diminta oleh mereka agar masyarakat bergabung dengan perusahaan dengan pola plasma bagi hasil. “Warga yang saat ini kebunnya rusak waktu itu menolak tawaran tersebut hingga saat ini,” cetusnya.
Sementara itu, Manager PT SAM, Rahman Rangkuti, dihubungi via ponselnya tidak memberikan respon. Begitu pula pesan singkat yang dikirim juga tidak dibalas, hal yang sama ketika menghubungi EO PT SAM, Widianto. (uis)

 

Loading Facebook Comments ...